Rabu, 25 Mei 2016

Jenis Jenis Komunikasi


  • Komunikasi menurut penyampaianya
Menurut cara penyampaiannya informasi dapat dibedakan menjadi dua diantaranya :

  1.  komunikasi lisan
Kommunikasi lisan merupakan komunikasi langsung yg terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat saling bertatap muka, misalnya dialog antara dua orang, wawancara dan sebagainya


   2. Komunikasi tertulis

Komuniaksi tertulis yg dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan suatu berita yg sifatnya singkat, jelas tetapi perlu untuk ditulis dengan maksud2 tertentu.



  • Komunikasi menurut kelangsunganya

1.   Komunikasi langsung
      Pada proses komunikasi langsung, komunikasinya dilakukan secara langsung tanpa adanya bantuan perantara orang ketiga, ataupun media komunikasi yg  ada dan tidak dibatasi oleh jarak.

2.   Komunikasi tidak langsung
      Proses komunikasnya dilakukan dengan bantuan dari pihak ketiga atau bantuan dari berbagai alat media komunikasi.



  • Komunikasi menurut perilaku
Berdasarkan Perilakunya, Komunikasi dapat dibedakan menjadi dua diantaranya :

1. Komunikasi Formal 
    Komunikasi Formal biasanya terjadi antara anggota suatu organisasi / persuhaan yg tata caranya sudah diatur dalam struktur organisasinya 

2.  Komunikasi Infromal
     Sedangkan Komunikasi informal terjadi pada suatu organisasi / perusahaan yg tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan juga tidak adanya pengakuan secara resmi. Komunikasi informal juga tidak memiliki pengaruh terhadap kepentingan organisasi / perusahaan.
  • Komunikasi menurut maksud
Ada berbagai macam komunikasi yg memang memiliki maksud tertenu. Contohnya sebagai berikut :
  1. memberi cerahmah
  2. berpidato
  3. wawancara
  4. memberi prasaran
  5. memberi perintah atau tugas



  • Komunikasi menurut ruang lingkup


Komunikasi menurut ruang lingkup dapat dibedakan menjadi dua :

  1. Komunikasi Internal merupakan suatu komunikasi yg berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan. komunikasi internal ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu : komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi diagonal                                                                                                                                                                                     
  2. Komunikasi eksternal merupakan komunikasi yg berlangsung antara orgnaisasi atau perusahaan yg ada diluar ruang lingkup organisasi tersebut. Komunikasi pihak luar dapat berbentuk : Konfperensi pers, bakti sosial, siaran televisi dsb.



  • Komunikasi menurut aliran informasi
Informasi merupakan muatan yg menjadi bagian pokok kominikasi. Ada beberapa macam komunikasi menurut aliran informasi yg dapat dibedakan sebagai berikut :
  1. Komunikasi satu arah
  2. komunikasi dua arah
  3. komunikasi ke bawah
  4. komunikasi ke atas
  5. komunikasi kesamping



  • Komunikasi menurut jaringan kerja

Di dalam suatu organisasi / perusahaan komunikasi akan tercapai menurut sistem yg ditetapkan dalam jaringan kerja. Komunikasi menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi tiga antara lain:
  1. Komunikasi jaringan kerja santai                               komunikasi ini terjadi menurut saluran hirarki suatu organisasi            
  2. Komunikasi jaringan kerja lingkaran                                           Pada komunikasi ini terjadi melalui saluran komunikasi yg berbentuk seperti sebuah lingkaran                                                             
  3. Komunikasi jaringan bintang                                                       komunikasi ini terjadi melalui satu sentral dan saluran yang dilalui lebih pendek.                


  • Komunikasi menurut peranan individu 
Komunikasi yg dilakukan oleh seseorang kepada pihak2 lain baik itu secara kelompok ataupun secara individual. Lantas ada beberapa macam proses komunikasi individu antara lain :

  1. Komunikasi antar individu dengan individu yg lain.               komunikasi ini terlaksana baik secara informal maupun nonformal, yg jelas individu yg bertindak sebagai komunikator harus mempengaruhi perilaku individu yg lain.                             
  2. komunikasi antara individu dengan lingkungan yg lebih luas. komunikasi ini terjadi karena adanya individu yg dimaksud memiiliki kemampuan yg tinggi untuk mengadakan hubungan dengan suatu lingkungan.                                                                              
  3. komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.   komunikasi ini individu berberan sebagai perantara dua kelompok atau lebih.



  • Komunikasi menurut Jumlah Pelaku dalam Komunikasi

Komunikasi selalu terjadi diantara sesama manusia baik itu perorangan maupun kelompok. Oleh karna itu jumlah yang berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri.




referensi :
Nawangsari, Sri SE. Komunikasi Bisnis: Universitas Gunadarma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar