Rabu, 25 Mei 2016

Teknologi informasi dalam komunikasi bisnis

  • Keuntungan menguasai teknologi informasi 

         Sangat banyak memang bila membicarakan manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari, terutama untuk bidang pendidikan, industri, internet, berbagai bisnis, dan sebagainya. Teknologi informasi memiliki peran yg sangat vital terutama bagi dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan bisa terancam bangkrut. Dalam hal ini banyak pejuang bisnis yg sudah beralih dengan memanfaatkan teknologi sebagai pendukung kelangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka. Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan pada suatu negara sangat berdampak begitu besar. Faktanya sudah terbukti bahwa IT (Information Technology) bisa mengubah suatu Individu, perusahaan, terlebih suatu organisasi. 


  • Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Komunikasi Bisnis 
      Menggunakan Teknologi Informasi pada bidang biisnis akan memberikan dampak yg sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia. Berikut merupakan beberapa manfaat penting IT untuk bisnis dan pada sebuah perusahaan.
  1. IT dapat memperluas pangsa pasar.
  2. IT dapat juga meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
  3. IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
  4. IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
  5. IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
Pemanfaatan IT untuk membantu berbagai kebutuhan dan perkembangan suatu organisasi, individu dan perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yg positif. Akan tetapi perlu diketahui bahwa IT dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat IT untuk hal yg positif tentu akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.


  • Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pengambilan keputusan Bisnis
Berikut saya lampirkan kasus dalam pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pengambilan keputusan bisnis pada PT. JNE

          Manfaat Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dalam mengambil Keputusan Manajemen pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Logistik Surabaya Perkembangan Teknologi Informasi yang terbilang sangat pesat sekarang ini memberikan perusahaan PT. JNE Logistik banyak kemudahan atas berbagai aspek kegiatan bisnis. Peranan Teknologi informasi dalam berbagai aspek kegiatan bisnis dapat dipahami karena sebagai sebuah teknologi yg mentiitik beratkan pada pengaturan sistem informasi, dengan penggunaan sistem teknologi berbasis komputer PT. JNE Logistik dapat memenuhi kebutuhan informasi dunia bisnis dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat. Teknologi informasi akuntansi yang digunakan PT. JNE Logistik turut berkembang sejalan dengan perkembangan dan peradaban teknologi. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap Sistem Informasi Akuntansi atau biasa disingkat (SIA) dalam suatu perusahaan. Dampak yang dirasakan secara nyata PT. JNE Logistik adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer dan bermunculannya software-software untuk akuntansi yang dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan. Peranan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap babak berbedabeda. Semakin maju teknologi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Kemajuan ini mempengaruhi perkembangan sistem informasi akuntansi (SIA) dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Perkembangan sistem informasi akuntansi berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan juga mempengaruhi proses audit. Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan manajemen PT. JNE Logistik dapat memproses data, pengendalian internal, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Dengan adanya pengaruh teknologi informasi yang telah dicapai dalam bidang akuntansi yang menyangkut Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan, maka perusahaan dapat mempermudah kegiatan operasionalnya. 






referensi :
 http://manfaat.co.id/manfaat-it
Mia,Sari. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi. Retrieved May 26 2016, from
ejournal.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/downloadSuppFile/165/71

1 komentar: